GARANSI SAPI SEHAT CIPELANGFARM :

1. Sapi dilengkapi SKKH (Surat Keterangan Kesehatan Hewan)
2. Sapi diberikan KALUNG SEHAT tanda lulus uji kesehatan.
3. Sapi bisa dikembalikan/ditukar jika sampai ke-pembeli tidak dalam keadaan SEHAT.

Sabtu, 01 September 2012

Tanaman Gamal pakan Sapi Republished by Cipelang Farm Sapi Qurban

TANAMAN GAMAL UNTUK PAKAN SAPI 
Republished by Cipelang Farm Sapi Qurban 2013

Peningkatan produktivitas sapi qurban mutlak harus dilakukan, upaya peningkatan ini tidak terlepas dari berbagai aspek produksi. Pakan merupakan salah satu aspek produksi yang sangat penting dalam pencapaian hal diatas. Tidak dapat  dipungkiri bahwa pakan mencapai 70-80% dari total biaya pengeluaran, sehingga pencapaian efisiensi dibidang ini sangat memberikan keuntungan yang signifikan.

Pemanfaatan daun gamal sebagai pakan ternak sangat menguntungkan, cara penanaman yang mudah, kandungan protein yang tinggi, masih tetap berproduksi baik meskipun musim kemarau, memperbaiki kesuburan tanah baik dari guguran daun maupun pengakarannya, dan banyak lagi manfaat dari penanaman pohon gamal ini. Sehingga pohon gamal ini layak dikembangkan sebagai bank pakan hijauan. Sekali menanam tahan hingga 10 tahun, dan tidak memerlukan banyak lahan untuk pengembangannya karena dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pagar disekitar lokasi peternakan kita.

  
2. Deskripsi

Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan nama gamal. Gamal merupakan nama daerah yang berasal dari akronim ”ganyang mati alangalang”. Nama lain yaitu Kelorwono (Malang Selatan), Johar Bogor (Nongkojajar), Liriksidia (Madura), Lirisidia (Jawa Tengah), Cep-pyar (Jawa Barat). Di luar negeri nama lainnya yaitu bunga Jepun (Malaysia.); kakawate (Filipina); madre decacao (Portugis); mata raton (Honduras); dan  gliricidia, Nicaraguan coffee shade (Inggris).

A. Klasifikasi ilmiah

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliophyta
Ordo : Fabales
Famili : Fabaceae/Leguminosa/Papilionoideae
Upafamili: Faboideae
Genus : Gliricidia
Spesies : G. Sepium

Nama binomial : Gliricidia sepium, Gliricidia lambii Fernald, G. maculata var. multijuga Micheli, Lonchocarpus roseus (Miller) DC., L. sepium (Jacq.) DC., Millettia luzonensis A. Gray, Robinia rosea Miller, R. sepium Jacq., R. variegata Schltdl.

Republished by Sapi Qurban  2013 harga murah  Cipelang Farm.
Kerabat : Dua jenis lain dari genus ini adalah G.brennigii dan G. maculata. Hanya G. sepium yang tumbuh di luar sebaran alaminya di Amerika tropika. G. sepium dibedakan dengan dua jenis lainnya dari susunan bunga yang tegak, bunga merah muda, dan ujung helai daun meruncing. Sedangkan G. maculata bunganya berwarna putih dengan polong dan biji yang sedikit lebih kecil dari G. sepium.

Hibrid buatan G. maculata dan G. sepium telah dilakukan, tetapi belum dipastikan hibridisasi terjadi secara alam. Hibridanya tidak potensial untuk penanaman. (Jurnal Informasi Singkat Benih, Direktorat Perbenihan Tanaman Hutan, Desember 2002).

Republished by Sapi kurban 2013 harga murah Cipelang Farm.
B. Ciri-ciri

Ø Gamal merupakan tanaman sejenis perdu dari kerabat polong-polongan (suku Fabaceae alias Leguminosae).

Ø Tanaman pohon kecil ini biasanya bercabang  banyak dengan tinggi 2 – 15 m.

Ø Batang berdiameter 15 – 30 cm berwarna hijau ketika masih muda dan jika sudah tua berwarna putih keabu-abuan sampai cokelat  kemerahan dengan bintik-bintik berwarna  putih.

Ø Memiliki daun berbentuk elips (oval) dengan  panjang rata-rata 2-7 sm dan lebar 1-3 cm.

Ø Ujung daun berbentuk lancip dan  pangkalnya tumpul (bulat).

Ø Susunan daun terletak berhadapan atau hampir berhadapan seperti pada daun lamtoro atau turi dengan jumlah 9-17 helai  daun per tangkai daun.

Ø Helaian daun berwarna hijau di bagian  atasnya, tipis dan berwarna keputihan di sisi bawahnya.

Ø Daun akan berguguran pada musim kemarau.

Ø Bunga mulai muncul ketika daun berguguran  yaitu pada musim kemarau.

Ø Bunga berbentuk kupu-kupu terkumpul pada ujung batang sepanjang 10-15 cm berjumlah sekitar 25-50 kuntum.

Ø Satu bunga memiliki 5 kuntum, berwarna hijau terang dengan mahkota bunga putih ungu dan 10 helai benangsari yang berwarna  putih.

Ø Pada umumnya berdaun majemuk  berpasangan. Perbungaan tunggal pada subsuku Faboideae serta majemuk pada  Caesalpinioideae dan Mimosoideae.

Ø Biji berkotil dua. Buah gamal berbentuk polong seperti buah petai dengan ukuran 10-

15 cm x 1,5-2 cm.

Ø Polong berbentuk memanjang dan pipih berisi 4-10 biji.

Ø Polong berwarna hijau kuning dan akhirnya cokelat kehitaman, memecah ketika masak dan kering melontarkan biji-bijinya hingga sejauh 25 m dari pohon induknya.


C. Anatomi

Pohon gamal termasuk tumbuhan dikotil,  Organ vegetatif tumbuhan ini terdiri dari akar, batang, dan daun. Akar, batang dan daun terdiri dari 3 sistem jaringan yang sama, yaitu: system jaringan dermal/penutup, sistem jaringan pembuluh dan sistem jaringan dasar. Sistem jaringan dermal terdapat pada bagian terluar tubuh tumbuh-tumbuhan.

Pada tubuh tumbuhan primer, sistim jaringan ini terdiri dari jaringan epidermis, sedangkan pada tubuh tumbuhan sekunder, epidermis digantikan oleh jaringan periderm. Sistim jaringan pembuluh terdiri dari xilem dan floem. Xilem berfungsi mengangkut air dan larutan garam dari akar ke daun melalui batang; sedangkan floem berfungsi mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke bagian organ lainnya.

Sistim jaringan pembuluh terdapat diantara sistim jaringan dasar, yang sebagian besar terdiri dari jaringan parenkim. Perbedaan pokok antara ketiga organ tersebut terdapat pada distribusi relatif sistem jaringan pembuluh dan sistim jaringan dasar.

 a) Struktur Anatomi Akar

Secara umum struktur anatomi akar tersusun atas jaringan epidermis, sistem jaringan dasar berupa korteks, endodermis, dan empulur; serta sistem berkas pembuluh. Pada akar sistem berkas pembuluh terdiri atas xilem dan floem yang tersusun berselang-seling.

b) Struktur Anatomi Batang

Secara umum batang tersusun atas epidermis yang berkutikula dan kadang terdapat stomata, sistem jaringan dasar berupa korteks dan empulur, dan sistem berkas pembuluh yang terdiri atas xilem dan floem. Xilem dan floer tersusun melingkar pada tumbuhan dikotil dan  sistem berkas pembuluh yang terdiri atas xylem dan floem yang tersusun berselang seling.
Republished by Sapi Qurban 2013 harga murah  Cipelang Farm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SEDIA SAPI QURBAN TIMBANG HIDUP
+ Pembeli lebih UNTUNG & ADIL
+ Transaksi lebih RIIL & PRESISI
+ Hewan Lebih SEHAT & FRESH karena dikirim langsung dari Peternakan.

Trend Sapi Qurban 2014

Trend Sapi Qurban 2014
Sapi Qurban Jenis Simmetal 650KG

Trend Sapi Qurban 2014

Trend Sapi Qurban 2014
sapi qurban jenis simmetal berat 380kg

SAPI QURBAN SEHAT DAN SYAR'I


JENIS SAPI: PO, LIMOSIN, SIMETAL, JAWA, BALI, PEGON.


kontak :

0815-9080-785 (CALL/SMS/WA)

0812-8435-6162 (SMS/CALL)

0856-9233-4143 (CALL/SMS/WA)
BBM : 75fae2a6

email : cipelangfarm@gmail.com

Lokasi Kandang :

Jl. Balai Embrio Ternak (BET) Kp.Pasir Bogor Desa Cipelang Kec.Sijeruk Bogor


KLIK : PETA RUTE



STOCK SAPI QURBAN 2015

Silahkan KLIK !!!

SAPI STANDAR HARGA 14 Jt/ekor

SAPI SEDANG 300-400KG

SAPI SUPER 400-800KG

SAPI PREMIUM 800-1500KG